Recent twitter entries...

Eyeshield 21

Eyeshield 21
Eyeshield 21 Dalam Pandanganku







Eyeshield 21 adalah manga bertema olahraga yang berbeda dengan manga lain yang sejenis. Riichiro Inagaki dan Yusuke Murata, sang creator manga ini mengambil tema olahraga yang tidak begitu populer, yaitu : American Football. Di Jepang, negara dimana manga ini dibuat, olahraga American Football tidaklah terkenal. Ini menjadi tantangan tersendiri Inagaki dan Murata, bagaimana bisa membuat manga yang berkualitas dan populer dengan tema olahraga yang tidak populer. Namun, seperti halnya Hikaru No Go yang dibuat oleh Yumi Hotta dan Takeshi Obata, Eyeshield 21 sukses besar. Melalui kisah yang menarik dan gaya cerita yang bagus dan jelas, para pembaca dibuat tertarik dengan American Football yang menjadi tema utama manga ini.


Manga ini bercerita tentang Sena Kobayakawa yang bersekolah di SMU Deimon yang menghabiskan seumur hidupnya sebagi pecundang. Sena yang penakut selalu dikerjai dan dimanfaatkan oleh teman-temannya dulu. Karena Sena yang terus saja menuruti kemauan teman-temannya yang berusaha memanfaatkannya ini. Mamori Anezaki, temannya sejak kecil selalu berusaha melindunginya. Bakat lari Sena yang terus diasah dengan sering berlari ketika diperintah teman-temannya ini menjadikannya pelari super cepat. Hidup Sena berubah ketika Yoichi Hiruma, sang kapten tim American Football Deimon, menemukan bakatnya. Sena direkrut dan agar identitasnya tidak diketahui, Hiruma memasangkan "eyeshiled" di helm sang pelari super cepat itu. "Eyeshield 21", julukan yang diberikan Hiruma kepada Sena, mendadak terkenal karena kecepatannya itu. Dari sinilah perjuangannya bersama dengan anggota tim Deimon Devil Bat (tim American Football SMU Deimon) lainnya dimulai. Tujuan mereka adalah mencapai Christmas Bowl, puncak tertinggi kompetisi American Football SMU di Jepang.

Cover Manga Vol. 1


Pandanganku :


Manga ini diawali dengan cerita yang umum, banyak terdapat di manga lainnya, yaitu perjuangan seseorang dengan bakat tertentu yang mengawali karier olahraganya dari nol. Namun, beragam unsur komedi yang disajikan sejak volume pertama membuatku tertarik mengikuti cerita ini. Keseimbangan penceritaan diatur dengan baik oleh Riichiro Inagaki secara perlahan. Alur cerita, karakter dan pengenalan olahraga American Football disampaikan secara baik. Salah satu kehebatan manga ini adalah sang creator yang dapat menyajikan peraturan-peraturan dan pola permainan American Football dengan gambar-gambar secara sederhana dan jelas, sehingga mudah dipahami oleh para pembaca. Aku, seperti halnya Sena, sang tokoh utama yang sebelumnya tidak mengenal olahraga ini sama sekali, dibuat paham oleh penjelasan-penjelasan tentang pola permainan, peraturan, dan taktik dalam olahraga ini. Aku pun sadar bahwa ternyata olahraga ini bukan sekedar "tubruk-tubrukan" saja. Banyak hal menarik dalam olahraga ini yang baru aku ketahui setelah membaca manga ini.

Perkembangan Sena dan tim Deimon Devil Bat membuatku begitu tertarik. Ada kepuasan sendiri melihat tim Deimon yang semula merupakan tim yang kecil dan terbatas perlahan-lahan mengembangkan diri mereka sampai menjadi salah satu tim yang paling ditakuti di seluruh Jepang. Dengan berbagai macam jenis play misterius, kerja sama yang apik yang berdasarkan pengoptimalan bakat dan rasa saling percaya, Deimon tumbuh menjadi tim yang komplit. Hiruma, sang kapten berbakat dengan mental baja sekaligus trainer serta pengatur pola permainan, pandai membuat lawan ketakutan dengan kecerdasannya. Sena dengan kecepatan super, Kurita dengan tubuh dan power yang besar, Monta dengan keahlian catch-nya, Mushashi dengan kick super kerasnya dan teman-teman lainnya yang juga memiliki keahlian masing-masing serta semangat yang membara membuat tim yang beranggotakan pemain dengan latar belakang berbeda ini begitu kuat dan menakutkan.

 Tokoh-tokoh dalam Eyeshield 21 memiliki
keunikan tersendiri.


Kehebatan utama dalam manga ini adalah pendalaman karakter yang mengimbangi ceritanya.Banyak sekali karakter memorable di dalamnya. Bicara soal karakter, Eyeshield 21 punya segudang karakter super unik dan berbeda. Selain dari tim Deimon, Inagaki dan Murata juga memperhatikan karakter-karakter dari tim lawan. Setiap tim lawan dari Deimon memiliki sekurang-kurangnya dua sampai tiga karakter yang berkesan. Masing-masing pemain memiliki sifat dan perilaku yang unik. Sebuah pencapaian yang impresif mengingat banyaknya tim yang dihadapi oleh Deimon dari awal hingga akhir.

Satu hal yang aku sayangkan adalah penurunan kualitas cerita (terutama kualitas pertandingan) menjelang akhir manga ini. Aku tidak akan memberi banyak spoiler mengenai yang mana, tetapi dua hingga tiga pertandingan terakhir dalam manga ini masih kalah kualitas dibandingkan pertandingan-pertandingan yang dilakoni mereka di awal hingga tengah. Memang seru tidaknya pertandingan bergantung pada penilaian tiap orang - dan mungkin saja penilaian kalian berbeda denganku. Mungkin yang menjadi penyebab kurang menariknya pertandingan adalah karena pada akhir-akhir cerita para pemain sudah menjadi pemain yang hebat. Sehingga seolah strategi hebat tidak terlalu penting karena pemain-pemain yang dimiliki sudah hebat, jadi seperti duel skill saja. Bandingkan dengan awal atau pertengahan cerita, dimana Deimon tidak memiliki pemain-pemain hebat di setiap lini, sehingga strategi mengejutkan dari sang kapten (Hiruma) sangat menentukan kemenangan dalam setiap pertandingan. Seperti yang pernah kusebutkan, pola permainan Deimon sangat unik, offensif, mengejutkan dan misterius serta sangat mengoptimalkan skill para pemainnya.
Namun, kelemahan ini tidak begitu menonjol, seakan lenyap jika melihat banyaknya keunggulan dalam manga ini.


      All players of Deimon Devil Bat


Sehingga dengan tidak berlebihan, bisa kubilang bahwa Eyeshield 21 dengan segala keunggulannya tersebut adalah manga bertema olahraga terhebat yang pernah kubaca. Aku merekomendasikan manga ini kepada kalian. Jika kalian merasa bahwa manga ini berisi kisah tentang olahraga yang tidak populer sehingga timbul kekhawatiran tidak bisa begitu mengerti isinya, maka perasaan kalian tersebut akan segera sirna ketika membacanya. Jadi mari ikuti kisah petualangan Deimon Devil Bat!
Yaa-Haa!!



Manga Information
Japanese Tittle: アイシールド21
Authors: Inagaki, Riichiro (Story), Murata, Yuusuke (Art)
Publisher: Weekly Shonen Jump (Jepang), Elex Media Komputindo (Indonesia)
Status: Finished

Manga Statistic
Score : 9.2/10
Rating : 13+
Pandanganku Rank : # 5
untuk info lebih lengkapnya mungkin bisa dilihat di:
http://kuzuryumalaikatkegelapan.blogspot.com/2009/02/eyeshield-21.html

Comments (0)

Posting Komentar