Recent twitter entries...

Rekomendasi Komik untuk Manga Lovers #2

Rekomendasi Komik Untuk Manga Lovers (edisi II)


Masih tentang rekomendasi manga. Setelah delapan manga sebelumnya, kali ini saya merekomendasikan tujuh manga. Tiga manga paling awal di daftar kali ini adalah manga-manga yang cukup populer dan mendapatkan banyak pujian.


Komik-komik yang belum saya tamatkan :


1. Kuroshitsuji (a.k.a Black Butler)



Plot singkat :
Sebastian Michaelis adalah seorang iblis yang terikat kontrak supranatural untuk melayani Ciel Phantomhive, seorang anak berusia 12 tahun yang merupakan kepala keluarga bangsawan Phantomhive karena Sebastian akan mendapatkan jiwa Ciel jika Ciel meninggal. Sebagai butler di keluarga bangsawan, ia sempurna dalam segala hal, ahli memasak, membuat minuman, dekorasi, hingga beladiri.

Rekomendasi :
Tema manga ini cukup unik, karena tentu saja belum banyak (atau mungkin malah belum ada) manga tentang butler bangsawan Inggris seperti ini. Apalagi kalau sang pelayan ternyata adalah seorang iblis. Manga ini cukup menjanjikan untuk menjadi manga yang sangat populer dikarenakan Yana Toboso, sang mangaka, cukup hebat dalam menggambar karakter yang original dengan desain pakaian yang rumit dan menawan, interior ruangan dan lain sebagainya yang sangat indah dan cukup menggambarkan suasana dark dan modis era kerajaan Victoria. Saya sangat merekomendasikan manga ini , terutama bagi kaum wanita yang cenderung lebih menyukai keindahan.

Details :
Type: Manga
Status: Publishing
Genres: Comedy, Demons, Fantasy, Shounen, Supernatural
Authors: Toboso, Yana (Story & Art)
Score : 8.4 / 10



2. Vinland Saga


Plot singkat :
Thorfinn adalah pemuda bangsa Viking yang ayahnya tewas dibunuh oleh pemimpin Viking yang bernama Askeladd. Setelah bertahun-tahun, Thorfinn bergabung dengan kru Askeladd menaklukan wilayah-wilayah di Eropa Utara sambil menunggu kesempatan untuk membalaskan dendamnya secara kesatria.

Rekomendasi :
Jika kalian ingin melihat manga berkualitas yang bertema peperangan di jaman Eropa kuno, maka manga ini adalah jawabanya. Alur cerita yang berjalan dengan baik, pengembangan karakter yang begitu dalam, serta adegan-adegan seru dalam peperangan dan pertarungan membuat saya menyukai manga ini. Penggambaran suasana di era Eropa kuno juga bagus. Menarik sekali melihat sifat-sifat masyarakat di zaman dahulu yang sebenarnya mungkin tidak jauh beda dengan zaman ini, kerakusan akan harta dan kekuasaan, penindasan, terlebih lagi semangat perang serta aksi-aksi brutal dan sadis yang kebanyakan dilakukan oleh bangsa Viking. Jadi, bagi kalian yang bosan dengan manga-manga bersuasana Jepang, saya sangat merekomendasikan manga ini.

Details :
Type: Manga
Status: Publishing
Genres: Adventure, Historical
Authors: Yukimura, Makoto (Story & Art)
Score : 8.9 / 10



3. Yotsuba&!


Plot singkat :
Kehidupan sehari-hari Yotsuba penuh dengan petualangan. Dia energik, ingin tahu, dan sedikit aneh -cukup aneh untuk disebut aneh oleh ayahnya sendiri- serta mengabaikan banyak hal yang bahkan harus diketahui oleh anak berumur lima tahun. Karena itu, pengalaman yang paling biasa dapat menjadi petualangan seru baginya. Hari demi hari, dia bertemu teman-teman baru dan menunjukkan kepada orang-orang di sekitarnya bahwa setiap hari bisa jadi menyenangkan.

Rekomendasi :
"Enjoy everything" dan "Every day can be enjoyable" adalah hal yang ingin disampaikan oleh Kiyohiko Azuma lewat manga ini. Manga ini berpusat pada keseharian anak kecil bernama Yotsuba yang lugu, lucu, ceria, energik, unik dan selalu ingin tahu. Saya sangat kagum dengan Kiyohiko Azuma yang mampu membuat cerita kehidupan yang benar-benar biasa menjadi kisah yang seru dan lucu. Jika kalian menginginkan manga yang ringan dan menghibur, maka ini adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kalian menghendaki aksi-aksi seru atau drama yang kompleks dan menegangkan, maka sebaiknya tinggalkan manga ini. Saya pribadi menyukai manga ini dan saya merekomendasikannya kepada kalian. So, Enjoy Yotsuba&!

Details :
Type: Manga
Status: Publishing
Genres: Comedy, Slice of Life
Authors: Azuma, Kiyohiko (Story & Art)
Score : 8.5 / 10



4. Kurosagi (a.k.a The Black Swindler)


Plot singkat :
Shirosagi (White swindlers) adalah penipu yang menipu orang untuk mengambil uang mereka, Akasagi (Red swindlers) adalah penipu yang menipu lawan jenis dan Kurosagi (Black swindlers) adalah penipu yang menipu Shirosagi dan Akasagi. Setelah tragedi mengerikan yang menimpa keluarganya karena ditipu oleh Shirosagi, pemuda bernama Kurosaki menetapkan untuk membalas mereka dengan menjadi Kurosagi.

Rekomendasi :
Kurosaki (tokoh utama) bekerja sebagai penipu yang menipu para penipu berdasarkan info dari para korban penipuan untuk mengembalikan uang hasil penipuan kepada para korban penipuan dan memberikan kerugian besar kepada para penipu (wah, ribet banget). Tampaknya Taheshi Natsuhara, sang story maker, sangat expert dalam bidang tipu-menipu, wawasannya begitu luas dalam bidang ini. Sayangnya, pengetahuannya itu kurang bisa diimbangii oleh keahlian dalam membuat alur cerita yang menarik dan mudah dipahami. Kadang, karena begitu ribetnya alur penipuan yang terdapat dalam manga ini saya malas membacanya secara detail. Walaupun menurutku manga pemenang "Shogakukan Manga Award ke-53" ini belum bisa dibandingkan dengan "Death Note", manga ini terbilang bagus (apalagi pada volume 5 ke atas) dan saya merekomendasikannya kepada kalian, terutama bagi yang menganggap bahwa "berpikir keras" adalah hiburan.

Details :
Type: Manga
Volumes: 20
Chapters: 219
Status: Finished
Genres: Action, Drama
Authors: Natsuhara, Takeshi (Story), Kuromaru (Art)
Score : 8.0 / 10




Komik-komik yang baru saja saya tamatkan :

1. The Silvery Crow


Plot singkat :
John Elegadine, adalah seorang maniak kare dan seorang pencuri profesional. Ia bertemu dengan Lu Larue, seorang pencuri spesialis pembobol kunci. Kemudian keduanya berpetualang untuk menemukan (mencuri) Demon Stone yang legendaris yang tersebar tiga belas keping di seluruh dunia. Setelah potongan-potongan itu disatukan kembali, Demon Stone akan mengabulkan satu permintaan orang yang berhasil mengumpulkannya.

Rekomendasi :
Manga ini saya baca karena melihat nama "Kamijyo Akimine" di covernya. Ya, manga ini adalah karya kedua dari pengarang manga populer "Samurai Deeper Kyo", manga favoritku ketika kelas 1 SMA. Manga yang mengisahkan petualangan para pencuri ini sebenarnya menarik. Karakter-karakter yang dibuat sang kreator sungguh sangat bagus untuk manga bergenre seperti ini. Sayangnya, mangaka bernama asli Meika Hatagashira ini sepertinya kurang kreatif dalam mengembangkan alur cerita (atau mungkin karena tuntutan pihak lain?) . Konsep seperti "Demon Stone yang bisa mengabulkan permintaan karena telah terkumpul semua" ini sudah sangat banyak. Andai saja konsep ceritanya sedikit diubah, dan alur ceritanya lebih dikembangkan lagi sehingga tidak tamat pada volume ketiga, saya pikir manga ini bisa menjadi another phenomenal work-nya Kamijyo Akimine. Terlepas dari semua kekurangannya, saya tetap merekomendasikannya kepada kalian, khususnya penggemar SDK.

Details :
Type: Manga
Volumes: 3
Chapters: 25
Status: Finished
Genres: Adventure, Comedy, Fantasy, Shounen
Authors: Kamijyo, Akimine (Story & Art)
Score : 7.2 / 10



2. Kowashiya Gamon (a.k.a Gamon The Demolition Man)


Plot singkat :
Gamon adalah seorang laki-laki canggung yang kemudian menjadi kepala keluarga dari tiga kakaknya dan juga menjadi shachou (shachou = direktur) dari perusahaan keluarga mereka. Perusahaan yang ditinggalkan ayah Gamon ini bergerak dalam bidang pembongkaran bangunan dan lain-lain. Dengan teknik bela diri warisan keluarganya, ia berusaha mengembalikan kejayaan keluarganya sambil berusaha menemukan ayahnya yang hilang.

Rekomendasi :
Tiga tahun lalu saya mulai membaca manga ini dan baru sebulan yang lalu saya menyempatkan diri untuk menamatkannya. Alasan kenapa begitu lama tenggang waktunya adalah karena sebenarnya saya tak begitu tertarik dengan manga ini, tapi sudah kepalang tanggung, tinggal membaca volume terakhirnya. Sebenarnya manga ini tidak jelek-jelek amat, temanya cukup unik dan banyak karakter yang juga cukup unik serta aksi-aksi pertarungan yang cukup seru di dalamnya. Dari segi alur cerita, sebenarnya cukup bagus di bagian awal, tapi kualitasnya menurun drastismenjelang akhir. Walau begitu, saya tetap merekomendasikannya bagi manga lovers yang suka berburu manga.

Details :
Type: Manga
Volumes: 9
Status: Finished
Genres: Martial Arts, Shounen
Authors: Fujiki, Shun (Story & Art)
Score : 6.9 / 10



3. Konjiki no Gash Bell!! (a.k.a Gash Bell)


Plot singkat :
Setiap seribu tahun sekali, diadakan pertempuran di dunia manusia untuk menentukan raja iblis yang berikutnya. Peraturannya, masing-masing anak iblis berpasangan dengan manusia yang telah diberi "buku" berisi mantra-mantra yang bisa mengeluarkan "kekuatan iblis", lalu mereka bertempur untuk bertahan hidup. Satu dari 100 iblis tersebut adalah Gash yang datang ke rumah anak SMP bernama Kiyomaro Takamine. Bersama Kiyomaro, Gash berjuang untuk mewujudkan tujuannya, yaitu "menjadi raja iblis yang baik".

Rekomendasi :
Satu hal yang paling saya tidak sukai dari manga ini adalah bagaimana sosok iblis kadang bisa dimunculkan menjadi sosok yang lucu dan baik (iblis mana yang baik?), tap sudahlah, mengutip perkataan sesorang, "that's why it is called fiction". Sebagai kisah fiksi, alur cerita dalam manga ini sebenarnya cukup bagus, dimulai dengan pengenalan pertempuran, diikuti berbagai macam konflik dan diakhiri ketika tujuan telah tercapai. Manga ini juga cukup bagus dan sesuai dengan genre-nya, mengajarkan juga akan pentingnya persahabatan. Hanya saja, ada beberapa hal yang kadang tidak diperlukan atau tidak pas, dimasukkan oleh Makoto Raiku, sang mangaka, dengan alasan komedi. Dan itu semua membuat manga ini benar-benar mirip dengan "The Law of Ueki" (walau secara art berbeda). Dan jika kalian suka manga tersebut, saya yakin kalian juga akan menyukai manga ini.

Details :
Type: Manga
Volumes: 33
Chapters: 323
Status: Finished
Genres: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Shounen
Authors: Raiku, Makoto (Story & Art
Score : 7.6 / 10




Dan seperti biasa saya katakan, "sementara itu dulu". Selamat membaca manga-manga di atas dan nantikan setumpuk manga-manga lainnya yang belum sempat saya rekomendasikan.




John Elegadine ketika bertransformasi menjadi The Silvery Crow, 
sang pencuri legendaris.

Comments (2)

gan..!!!
sekalian donk kasi situs/link tempat baca nya.
yg bahasa indo ya..!! :D
soal nya kalau inggris,gx paham broo :D

MangaID

Posting Komentar